9
20

โˆš Tips Usaha Angkringan Pemula

Usaha angkringan pemula dengan modal terbatas bukan menjadi kendala untuk tidak memulainya. Namanya bisnis bagi orang awam yang dipikirannya hanyalah keuntungan dan kekayaan, tapi kami akan memberikan edukasi untuk teman-teman agar tidak terjerumus dalam mindset yang salah.

Zaman sudah berkembang sangat pesat, begitu juga dengan jumlah penduduk disetiap daerah kini tidak terbatas. Angkringan salah satu rekomendasi usaha yang bisa ditekan modal awal untuk memulainya. Selain itu hidangan kuliner yang murah dan ramah lingkungan ini menjadi andalan anak muda dan kuliahan.

Jadi apa yang harus sobat ketahui untuk mengawali bisnis angkringan ini? Sebelum beranjak ke informasi utama kami rekomendasikan sobat untuk membaca dengan detail pemaparan dibawah ini agar bisa difahami dengan bertahap.

Rincian Modal Usaha Angkringan

Rincian modal usaha angkringan

Langkah pertama yaitu menentukan konsep dan menghitung modal yang harus dikeluarkan. Usahakan pencatatan dengan lengkap agar perlengkapan dan peralatan angkringan bisa dihitung serta dilakukan pengecekan secara teliti. Karena banyak dari teman-teman yang bertanya mengenai berapa modal usaha yang dipersiapkan untuk usaha angkringan dari nol.

Baik jadi menurut informasi yang kami ketahui dari beberapa pelaku usaha bidang ini secara mandiri mereka tidak begitu banyak menggelontorkan uang yang begitu banyak. Bahkan rata-rata pengeluaran pokok awalnya dalam kisaran 4-5 juta rupiah saja. Itupun lengkap sama gerobak untuk jualannya.

Karena sifatnya mandiri alias berdiri bukan ikut kemitraan angkringan dengan modal tersebut sobat bisa mengalokasikan uangnya untuk dijadikan aset dagang. Untuk berjalan 1-2 bulan kami sarankan uang darurat supaya antara kebutuhan pribadi dan mendesak tidak mengambil dari cash flow angkringan.

Dengan modal yang kami sampaikan diatas apa saja yang sobat dapatkan untuk memulai bisnis angkringan pemula ini. Inilah beberapa rincian yang meliputi gerobak kayu, bahan baku makanan dan perlengkapan memasaknya :

  • Gerobak kayu angkringan Rp. 2.000.000-2.500.000
  • Terpal peneduh angkringan Rp. 300.000
  • Tempat sampah ukuran sedang 2 Rp.30.000-50.000
  • Teko Plastik Rp. 20.000-30.000
  • Termos es Rp. 80.000
  • Ceret Rp. 90.000
  • Wajan Penggorengan Rp. 100.000
  • Tempat bakaran/anglo Rp. 30.000
  • Arang Rp. 100.000
  • Nampan & keranjang Rp. 200.000
  • Sendok & garpu Rp. 50.000
  • Piring besar Rp. 50.000
  • Piring kecil Rp. 50.000
  • Gelas 2 lusin Rp. 70.000

Total modal awal buka usaha angkringan : Rp. 3.700.000

Investasi tanam modal usaha angkringan diatas ini kami hitung dengan biaya yang terbaik. Kemudian kami rekomendasikan menggunakan arang agar lebih awet dan pengeluaran bisa dihemat. Jadi sobat bisa mengalokasikan sisa modal untuk pembelian menu makanan untuk 2-4 minggu. Alhasil dalam waktu 1 bulan bisa terus berputar jualan sobat.

Trik Sukses Usaha Angkringan Pemula

Cara mudah usaha angkringan pemula

Jadi bagaimana agar angkringan kelas pemula ini bisa berkembang dan modal cepat kembali. Pertanyaan seperti ini sangat sering diungkapkan oleh para pelaku dalam bidang apapun. Namanya usaha siapa sih yang mau rugi kan. Menanggapi hal seperti sobat bisa menerapkan beberapa cara.

Dengan demikian target pembeli bisa tercapai, tempat usaha angkringan disenangi dan selalu ramah kepada semua calon pembeli. Sebab kunci utamanya selain cita rasa menu dari angkringan pelayanan pun wajib diutamakan. Jika sudah maka secara otomatis pembeli akan merekomendasikan kepada orang lain karena adanya angkringan sobat.

Untuk itu kami wajibkan kepada ketika usaha angkringan memahami dan menerapkan beberapa hal. Apa saja yang perlu dilakukan, mari kita simak daftarnya dibawah ini supaya usahanya lancar dan laris manis.

Menentukan Lokasi Angkringan Paling Strategis

Memilih lokasi usaha angkringan

Memilih lokasi angkringan yang strategis merupakan langkah awal untuk memperkenal jualan kita sama masyarakat sekitar. Selain karena angkringan bukanya sore sampai tengah malam. Jadi akan lebih baik lagi jika lokasi usaha angkringan dekat dengan keramaian.

Sebagai contoh untuk lokasi usaha angkringan pemula paling rekomended yaitu daerah wisata, terminal, alun-alun, balai kota, kampus, asrama atau kos-kosan. Bahkan lingkungan perkotaan bisa dijadikan alternatif memulai bisnis angkringan sobat.

Menetapkan Konsep Angkringan

Kemudian konsep yang diusung sama angkringan sobat ini harus ditetapkan sejak awal. Jadi ketika pembukaan cabang atau pemekaran usaha bisa langsung dikenal oleh masyarakat lebih luas. Jadi seperti brand yang sebagai ciri khas dari usaha angkringan sobat.

Selain itu menu dan penataan angkringan ini cukup menjadi perbincangan yang hangat dalam beberapa tahun ini. Pasalnya konsep yang diaplikasikan semacam semi kafe ini juga mendongkrak penjualan dari angkringan, sebab lebih disukai oleh anak muda milenial.

Walaupun sobat berawal dengan modal pas-pasan kalau risetnya dengan baik insyallah dalam kurun waktu dekat bisa cepat berkembang dan membuka cabang ditempat lainnya. Lalu kelayakan dan kenyamanan pembeli pun wajib dimaksimalkan, agar ketika menyantap kuliner sobat bisa lebih banyak.

Menyediakan Menu Terbaik Kekinian & Murah

Menu angkringan unik

Dalam membuka usaha khususnya bidang kuliner sobat jangan pernah ragu untuk mempersiapkan menu istimewanya. Walau secara umum menu setiap angkringan diberbagai daerah hanya itu-itu saja. Tapi dengan tersedia perbedaan ini bisa berpotensi menaikkan ratting pelanggan angkringan.

Andaikan belum menemukan sesuatu yang lebih baik maka sobat bisa mengambil ide lain. Sebagai contohnya tempat menikmati makanan unik ataupun cita rasa lebih unggul serta dengan harga lebih ekonomis.

Bahkan sobat bisa menyediakan menu tambahan seperti kopi racikan sendiri, seafood, makanan bakar serta bumbu khusus yang gratis untuk ditambahkan pada menu untuk dibakar. Jadi tidak heran kalau era sekarang usaha angkringan lebih jauh berkembang dengan pesat.

Menonjolkan Ciri Khas Angkringan

Untuk tips yang keempat ini mempertahankan ciri khas dari angkringan sobat dengan cara yang lebih estetik. Walaupun konsepnya sederhana dan penjualan dipinggir jalan karakter utama dari angkringan sobat ini harus dipertahankan sebaik mungkin.

Pasalnya hampir semua angkringan memiliki pola yang sama. Sehingga tak heran kalau pelanggannya begitu-begitu saja. Contohnya bisa memberikan layanan wifi gratis, layanan nobar sepakbola, ataupun mengatur sedemikian rupa dari menu serta harga dari semua yang sobat jual.

Jadi meskipun sobat mendapatkan keuntungan sedikit tetapi dari kuantitas yang terjual banyak justru dapat dijadikan rekomendasi oleh warga sekitar untuk mengisi perut dikala malam hari.

Memberikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan merupakan salah satu yang sering dicermati oleh setiap pembeli. Maka dari kalau kita sebagai pedagang angkringan sering berkata kasar atau tidak menghormati pelanggan dapat berdampak buruk atas usaha angkringannya.

Tunjukkan bentuk keramahan sobat kepada konsumen sebaik mungkin agar mereka merasa dilayani dengan baik. Biasanya dampak positif dari perlakuan ini konsumen akan betah berlama-lama diangkringan sobat sambil menikmati beberapa menu yang tersedia.

Karena rata-rata pembeli kuliner angkringan ini anak muda maka siapkan juga seperti tikar ataupun meja dan kursi tambahan yang outdoor untuk cadangan jika pembeli terlalu banyak dalam satu atap angkringan sobat. Selain itu keunggulannya pelanggan dapat menikmati area sekitar dari angkringan.

Menjaga Kebersihan Area Angkringan

Menjaga kebersihan lingkungan angkringan

Kebersihan dari setiap tempat usaha adalah bagian penting yang bisa menyimpulkan atas higenis atau tidaknya menu dari kuliner angkringan. Untuk itu sobat jangan menyepelekan kebersihan dan kerapihan pada gerobak serta sekelilingnya.

Guna memudahkan kebersihan ini sobat dapat menyediakan beberapa tempat sampah yang nantinya ketika sedang tidak ada pembeli dapat membersihkan terlebih dahulu. Bahkan ketika kusam dan kotor pada angkringan sobat khususnya gerobak ini akan membuat orang berpikir dahulu sebelum mau makan ke tempat angkringan sobat.

Selain hal tersebut rasa nyaman dari kebersihan akan menggugah hidangan dari kuliner angkringan. Alhasil dari target penjualan bisa lebih cepat habis dibandingkan angkringan lainnya.

Mengevaluasi Setiap Kekurangan/Kelemahan Angkringan

Nah untuk yang terakhir ini sobat sudah mendapatkan pelajaran dan pengalaman dalam jualan kuliner angkringan. Tentunya setiap proses ini memberikan data ataupun kelemahan dari usaha sobat. Oleh dari pembelejaran inilah akan membantu diri sobat untuk mengevaluasi dari kekurangannya.

Tidak hanya itu saja sobat bisa menanyakan langsung dari beberapa pelanggan untuk menilai angkringan. Jadi apa saja yang perlu dibenahi baik pelayanan, daftar menu angkringan ataupun resiko yang berpotensi bangkrutnya usaha angkringan.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat semua perihal usaha angkringan pemula. Semoga dengan kehadiran penyampaian diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply